Kisah Kentucky Fried Chicken

Kentucky Fried Chicken

Harlan dilahirkan pada tanggal 9 September 1890 dalam keadaan yang susah di suatu tempat yg sederhana di Henryville, Indiana. Ayahnya bekerja di tambang batu bara Kentucky untuk dapat menghidupi sebuah keluarga yang terdiri dari tujuh jiwa. Ketika Harlan berusia 6 thn, ayahnya meninggal dunia. Ibunya bekerja sebagai buruh di sebuah perusahaan pakaian. Dengan demikian Harlan yang adalah anak tertua mendapat tugas mengawasi adik-adiknya yang berjumlah lima orang dan memasakkan mereka.

Ketika ibunya menikah lagi Harlan ternyata tidak cocok dengan ayah tirinya sehingga ia memutuskan untuk keluar dari rumah pada usi 12 thn. Selama 25 th setelah itu ia hidup dengan mencari pekerjaan lepas pekerjaan tanpa kenal lelah, juga pernah gagal berulang kali. Dengan bimbingan dan pendidikan yang sangat terbatas ia berusaha menghidupi dirinya sedapat mungkin.

Ia pernah bekerja sebagai seorang pembantu petani, juga sebagai kondektur trem kota, pernah masuk dinas militer Amerika di Kuba. Ia pernah bekerja sebagai murid seorang pandai besi, seorang penjaja keliling barang-barang, seorang kapten di sebuah kapal tambang, Seorang agen asuransi dan pernah menjadi manajer dari perusahaan Standard Oil. Selain itu ia juga belajar ilmu hukum melalui korespondensi. Ditengah-tengah keberhasilannya mencari nafkah, ia menikah pada usia delapan belas tahun dan dikaruniai seorang anak perempuan.

Kemudian ia menemukan sesuatu yang sesuai dengan bakatnya.Pada th 1930 di tengah zaman krisis ia bekerja sebagai manager di sebuah bengkel di Kentucky. Sebagai sambilannya ia buka warung makan. Ia jual bensin tapi juga jual masakan dan sekaligus menjalankan kas register. Dan itu semua menjadi keberhasilannya. Mungkin inilah hasil dari pelatihannya di dapur ketika masih kanak-kanak saat ia harus mengawasi adik adiknya dan memasakan mereka. Apapun alasannya semua pelanggan di warung makannya menyukai ayam goreng buatan  Harlan.

Kolonel Sanders mulai keliling Negara Amerika untuk mendemontrasikan kepada para pemilik restoran masakan ayam goreng dengan cara yang khas dan dengan citarasa yang agak pedas. Dengan harga lima sen untuk satu ekor ayam yang digorengnya, ia mengajarkan resep itu kepada setiap orang yang mau belajar dari dia. Dengan demikian konsep waralaba telah lahir sejak itu. Pada thn 1952 waralaba yang pertama diberikan pertama kali kepada sebuah restoran di UTAH. Ada seorang yang cerdik memberi gagasan agar masakan ayam goreng Sanders di beri nama ‘ Kentucky Fried Chicken” dengan logo seorang colonel dengan seragam serba putih.

Ketika thn 1955 di mana segala sesuatu kelihatannya berjalan lancar tiba tiba ada pembangunan sebuah jalan raya antar Negara bagian yang melewati Kentucky bagian Timur sampai ke kota kecil Corbin. Sejak itu motel dan restoran milik kolonel Sanders terpaksa tutup untuk beberapa lama, Setelah peresmian jalan tersebut, ia menjual semua asetnya untuk melunasi hutang-hutangnya. Kolonel Sanders pada usia 62 thn justru jatuh miskin akibat dari tergusurnya tempat restorannya.

Pada saat ia menerima cek dari Social Security untuk pertama kalinya sebesar $ 105, ia merasa terhina karena terdaftar sebagai orang miskin. Sejak itu ia bersumpah untuk tidak mau menyerah kalah. Ditemani oleh istri keduanya ia mengolah pelbagai macam bumbu untuk masakan ayam goreng lalu memasukkan dalam kantong-kantong untuk dijual, Ia berkeliling ke semua negeri dengan alat pressure cookernya Dalam waktu 5 thn sudah ada 400 rumah makan yang menjual ayam goreng dengan bumbu yang dibuatnya. Pada tahun 1964 sudah bertambah menjadi 600 gerai. Pada tahun itu sang colonel berumur 75 thn. Ada sekelompok investor menawar Kentucky sebesar 2 juta US$ untuk waralaba. Sang colonel setuju lalu menjualnya dengan catatan logo tetap dipertahankan. Perusahaan itu berganti tangan beberapa kali sejak 1964, namun sampai hari ini lebih dari satu milyar masakan KFC telah terjual di delapan puluh Negara setiap tahun.

Sanders adalah orang yang telah menghabiskan sebagian hidupnya, yang terbaik dengan tanpa kenal lelah menghadapi tantangan dan halangan. Ia berhasil mengatasi dan mencapai sukses pada usianya yang ke 65 thn.

Ada beberapa alasan mengapa kisah Harlan Sanders ini layak dihargai dan diceritakan. Memang ini bukan kisah rohani di mana ada seorang yang bertobat lalu diselamatkan dalam usia lanjut .

Pertama kisah ini mengingatkan kita bahwa hidup ini memang berat, kejam dan sukar. Kita mungkin lupa akan kisah di Taman Eden, dimana Allah mengutuk bumi ini karena dosa Adam dan Haw (dengan bersusah payah engkau akan mencari rezekimu dari tanah seumur hidupmu: semak duri dan rumput duri…akan menjadi makananmu, sampai engkau kembali menjadi tanah…. IKej 3:17-19)

Kedua, hidup ini penuh dengan rintangan, Ini sedikit berbeda dengan “Keras”. Keras berarti sukar untuk dimulai, susah untuk mencari jalan yang benar. Harlan mengalami dalam hidupnya, Rintangan berarti setelah kita menemukan jalan akan ada lubang – lubang dan kesukaran-2 yang tersembunyi, bahaya – bahaya yang mengancam di sepanjang perjalanan hidup kita. Bila kekerasan hidup mengakibatkan kelelahan, maka “ rintangan” mengakibatkan hilangnya harapan, bahkan putus asa.

Ketiga, yaitu tidak pernah terlambat, Harlan Sanders menemukan sukses ketika sudah berusia lanjut. Dengan demikian benarlah apa yang dikatakan dalam Alkitab. “ Karena apa yang ditabur orang, itu juga yang akan dituainya (Gal.6:7)

Satu tanggapan untuk “Kisah Kentucky Fried Chicken

  • 07/02/2012 pada 22:01
    Permalink

    Thanks, sudah menjadi sumber inspirasi untuk terus berkarya…

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *