Hadiah terbesar.

Seorang anak kecil, sangat bergembira menyambut natal yang akan datang. Namanya Dodo. Dodo tidak sabar ingin segera merayakan natal di gerejanya karena ia mengharapkan segera mendapat hadiah dari guru sekolah minggunya.

Dodo menghitung-hitung absennya dan ternyata tidak ada absen. Dodo senang sekali karena ia berpikir ia akan mendapat hadiah terbesar. Tapi harapan tinggal harapan dan Dodo kecewa, singkat cerita waktu pembagian hadiah, Dodo hanya mendapatkan hadiah yang kecil dan ia ngambek, tidak mau ke gereja.

Dari cerita ini seseorang begitu bersemangat menyambut natal. Sebenarnya apa makna natal sesungguhnya? Sulit untuk kita memahami makna natal yang sesungguhnya karena natal sudah diidentikkan dengan sale besar-besaran di mall, baju baru, dekorasi pohon natal, kartu natal, dan lainnya.

Perayaan natal di gereja, tarian, paduan suara, semuanya adalah baik untuk menyambut natal tapi kita perlu memahami makna natal sesungguhnya yaitu Kristus telah lahir lewat anak dara Maria. Kita kembali kilas balik mengingat dalam Lukas 1 saat Maria mendapat kabar bahwa ia akan melahirkan seorang anak laki-laki yang akan menjadi hadiah besar dan sukacita besar dan anaknya yang bernama Yesus nanti akan menjadi seorang Juruslamat menebus dosa manusia dan mati untuk manusia.

Bagaimana responnya Maria saat malaikat memberitahukannya? Maria jelas pasti ia akan shock dan takut karena status Maria saat itu adalah Maria baru bertunangan dengan Yusuf dan Yusuf juga adalah seorang yang tulus hati dan ia tidak mau Maria menderita. Maka ia berusaha menceraikan Maria diam-diam, tapi malaikat menyuruh Yusuf mengambilnya sebagai isterinya tapi tetap menjaga kesuciannya sampai Yesus lahir.

Kita juga mengetahui zaman dulu ketika orang yang belum menikah tapi mengandung apa akibatnya? Akibatnya adalah dia akan dilempari baru sampai mati, akan tetapi respon Maria baik, dan dalam Lukas 1: 38 dikatakan ” Sesungguhnya aku adalah hamba Tuhan, jadilah padaku menurut perkataanMu.” dan akhirnya bayi Yesus lahir dari rahim Maria dan menjadi sukacita besar bagi seluruh dunia.

Ini adalah hadiah terbesar yang kita terima dari Tuhan karena Yesus mau lahir ke dunia yang penuh dengan dosa dan menjadi sama dengan manusia hanya tidak berdosa dan akhirnya mati disalib menebus dosa manusia.

Sudahkah kita menerima hadiah terbesar itu dari Tuhan? Jika belum, terimalah hadiah itu dan taruh dalam hatimu bahwa Yesus adalah Juruslamatmu, kekasih hidupmu dan Tuhanmu.

Kiranya natal ini membawa kedamaian dan sukacita karena Yesus lahir untuk kita dan itulah anugrah terbesar dan hadiah dari Tuhan. Selamat natal.Tuhan Yesus memberkati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *