Bagaimana Supaya Kita Bisa Memiliki Iman yang Makin Besar ?

Orang bilang hidup ini susah, tapi saudara tahu siapakah orang yang susah ? Apakah saudara merasa menjadi orang yang susah hari – hari ini ? Mari kita lihat apa definisi orang susah menurut Alkitab…

Orang susah adalah :

1. orang yang sedang berjalan menuju neraka, anda sedang berjalan menuju neraka ? kasihan deh lu…anda benar – benar orang susah dan paling malang didunia.
Tapi saya rasa, saat anda mendengar kotbah saya ini, ada pilihan apakah saudara akan terus berjalan ke neraka atau mengganti tujuan anda.

2. orang yang kerjaannya menyusahkan orang lain. Nah lo…seringkali kita merasa susah karena selalu ketemu dengan orang yang menyusahkan kita.
Hei..dengar..selama engkau ada didunia, kau tidak akan pernah bisa lari dari yang namanya kekurangan, penderitaan, kekecewaan, perlakuan tidak ¬†adil, suami selingkuh, dianiaya…tapi Alkitab katakan kita harus mengalahkan semuanya itu. Orang yang menyusahkan keluarga, teman pelayanan, atasan, bawahan, cari – cari kesempatan itu sama dengan dunia, artinya juga ujung – ujungnya tanpa sadar dia sedang menjadi orang yang nomer 1 diatas. Jadi katakan kanan kiri…jangan menyusahkan orang
ya…kalo disusahkan, itu mah wajar karena kita anak Tuhan yang masih didunia.

3. orang yang membiarkan dirinya dijajah oleh iblis…wo…saya mah enggak ,pendeta…masak sih…orang yang percaya ramalan, yang percaya dukun,perbintangan.. percaya hal-hal yang aneh – aneh pokoknya…itu sedang membiarkan dirinya dijajah oleh iblis…lepaskan semua itu dan segera bertobat !

Jadi siapa yang merasa menjadi orang susah ? wajah saya jelek pak pendeta, nggak bisa diperbaiki, susah…wu…hidung saya mancung kedalem, mulut saya mancung sekali, jerawatan,,,itu bukan keadaan yang susah…apapun bodimu, itu unik ! ha..ha..ha…

Kita Anak Tuhan adalah umat yang diberkati ..amin ?..apanya yang diberkati pendeta…suami saya masih hobi mukul, punya kuntilanak,gaji saya nggak lebih dari 1 juta pak pendeta, mana cukup…buat hidup di Batam saja susah…wow…dengar baik, engkau adalah anak Tuhan yang diberkati, karena apapun proses hidup yang sedang engkau alami hari ini..sesuatu yang harus ada dalam hatimu adalah : Engkau milik Tuhan dan Tuhan bertanggungjawab atas hidupmu.

Ada 3 hal kenyataan indah dalam hidupmu yang harus kau mengerti :

1. Allah turut campur dan terlibat dalam segala hal kehidupanmu, itulah sebabnya Ia mengatakan pada kita jangan iri, jangan menaruh dendam dan membenci sekalipun dunia ini membuatmu menderita.Dengar baik..Dia bertanggungjawab atas hidupmu.Tahukah saudara, setan tidak suka dengan kenyataan ini, kenapa > karena dulu kau adalah temannya tapi sekarang kau bukan lagi temennya.

2. Allah telah memilihmu ! wow…ini sungguh luar biasa, kau ada disini karena Allah memilihmu.Kalau Dia memilihmu, Dia memberikan yang terbaik untukmu.Pacarmu bisa saja bilang cinta, tapi besoknya sudah berubah lagi…Tapi Tuhan , sekali Dia memilihmu, Dia tidak akan ingkar janji dan berubah setia. Bagi yang sedang punya pacar 3, …tinggalkan itu…kau harus setia seperti Tuhan juga setia.

3. Allah menyiapkan masa depanmu. Ini sangat luar biasa bukan ? Dunia selalu berpikir tentang masa lalu dan hari ini, kenapa orang selingkuh, karena dia hanya berpikir hari ini, orang mencari uang terus, dia hanya berpikir bagaimana hari ini..dengar baik..Allah tidak hanya menjamin hidupmu hari ini tapi Ia juga sedang menyiapkan masa depanmu. Berkat
terbesar bukan masalah uang, kedudukan, naik pangkat, pelayanan, tapi berkat terbesar adalah dirimu! Apapun keadaanmu sekarang, ingat…Allah sedang menyiapkanmu untuk masa depan seperti dalam Yeremia 29.

Pak pendeta…sungguh – sungguhkah itu ? hik..hik..hikk…Saudaraku, yang kita butuhkan adalah iman. Dengan iman, kita bisa sembuh dari penyakit kita, bisa dipulihkan ekonomi kita dan bahkan kita bisa melakukan hal yang lebih besar untuk orang lain.

Bagaimana kita memiliki iman ? Kita harus merasa berharga, karena memang kita sangat berharga dimata Tuhan, berapa harga saudara…berapa menurut saudara harga darah Yesus yang tercurah diatas bukit Golgota, berapa harga “The Only Son of God” yang rela menderita dan mati buat menebus dosa saudara dan masa lalu saudara ?

Now..ada 5 hal yang bisa membuat saudara semakin menghargai dirimu sendiri dan akhirnya kau memiliki iman yang besar :

1. Tetap bersemangat. Oh..hari – hari ini banyak orang tidak bersemangat lagi…janji Tuhan ? hm…kenyataannya BBM naik…berapa lama lagi suamiku bertobat ?…capek deh…..Saudara…miliki semangat untuk terus mengenal Tuhan dan bertanya apa rencana Tuhan dibalik semua ini. Tuhan tidak pernah kecewakan kita dan tidak akan sia – sia jerih payah kita. Yusuf, ketika dia harus dipenjara karena difitnah memperkosa istri Potifar..dia tidak melayangkan surat kepada Potifar ” Tuan Potifar…tanyalah pada Inem,
Iyem,pembantu – pembantu yang dirumah semua juga tau..gimana tiaapp hari istri Bapak yang genit itu selalu aja nggodain saya, ucuuuppp…ucuuuppp…ucuuuuppp…”Orang yang bersemangat menghadapi kenyataan yang hidup yang pahit sekalipun dia tidak akan bersungut – sungut dan putus asa, ingat siapakah kita di mata Tuhan.

2. Terus banggakan kasih karunia dalam hidupmu. Apa itu kasih karunia ? Itu seperti Musa saat di tepi laut Teberau, mendengar derap kuda tentara Firaun, bangsa Israel berteriak padanya alias demo..kekanan gak mungkin,kekiri gak mungkin, ke depan..bunuh diri rasanya…tapi tiba – tiba ada suara acungkan tongkatmu…dan laut itu terbelah…itulah kasih karunia. Jangan mengandalkan kekuatanmu dan bahkan terkutuklah jika saudara mengandalkan manusia…kenalan jenderal, kenalan presiden…wauw…orang yang selalu bangga pada kasih karunia Allah dia tidak akan kuatir dan stress dalam hidupnya sekalipun tampaknya tidak ada jalan keluar.

3. Tempatkan Tuhan sebagai yang terpenting dalam hidupmu. FirmanMu itu pelita bagi kakiku, kata Daud. Daud bukan lulusan oxford, cambridge dll. dia hanya seorang gembala kecil, tapi dia orang yang berkenan dihati Tuhan karena dia menempatkan Tuhan menjadi yang terpenting dalam hidupnya. Daud menjaga hatinya tetap bersih dihadapan Tuhan. Pelayanan, pekerjaan, keluarga , janganlah menjadi yang terpenting dalam hidupmu. Menyenangkan hati Tuhan itulah yang terpenting, seperti Daud, miliki hati yang bersih
dan murni.

4. Rindu menjadi berkat bagi orang lain. Inilah kerinduan Allah bagi Saudara saat Dia memilihmu. Dia rindu engkau memberkati keluargamu, teman – temanmu, pendetamu, gerejamu, kotamu, dan bahkan bangsamu. Miliki mimpi yang besar untuk melakukan banyak hal, jangan hanya memikirkan dirimu sendiri dan ujung – ujungnya selalu kuatir…nanti gimana ya….

5. Mulailah setiap pagi saat teduh, berdoa , membaca Alkitab dan hidup berjalan sesuai kehendak Tuhan, dan engkau akan melihat hidupmu sungguh – sungguh diberkati Tuhan. Miliki iman yang bertumbuh dengan terus menjaga semangat bahwa engkau sungguh – sungguh berharga bagi Tuhan dan Ia ingin engkau melakukan hal yang lebih besar ..makin besar..makin besar…

HALELUYA.
(kotbah Pdt. Gilbert Lumoindong ).

8 tanggapan untuk “Bagaimana Supaya Kita Bisa Memiliki Iman yang Makin Besar ?

  • 25/10/2010 pada 17:29
    Permalink

    Bisakah saya meminta jodoh saya, yang sudah meninggalkan saya.

    Balas
  • 30/08/2011 pada 11:11
    Permalink

    thanks pak gilbert
    renungan dari anda menguatkan
    ijin copy

    Balas
  • 24/07/2012 pada 18:48
    Permalink

    Shalom Pak Pendeta, terimakasih atas khotbah yang sangat menguatkan iman saya.

    Balas
  • 11/03/2014 pada 07:21
    Permalink

    Thanks atas khotbah ny pak,, tp pak ap bs sya minta contact ny atwpun email bpak, sya ingin sharing pak. dan bnyak yg ingn saya tanyakan mengenai alkitab

    Balas
  • 22/05/2014 pada 10:02
    Permalink

    andalkan Tuhan dalam setiap langkah hidup kita

    Balas
  • 19/10/2016 pada 13:27
    Permalink

    Terima kasih Pendeta Gilbert. Sungguh menguatkan Iman saya.Tetap setia dan berserah kepada rencana Tuhan.

    Balas
  • 11/04/2017 pada 15:24
    Permalink

    Shalom Kak Vino,
    Renungan dari Bpk.Pdt Gilbert sangat memberkati saya, hanya sy agak sedikit bingung, FT nya di ambil dari mana ya ?.
    mhn maaf sebelumnya sy izin mengcopy isi khotbah ini ya, tks Kak Vino.. Gbu.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *