Kecerdasan Dilihat di Jari | Perhatikan Jari Anda

UNTUK menilai cepat kecerdasan seseorang, lihatlah perbandingan panjang jari manis dan jari telunjuknya. Penelitian terbaru menyebut-kan, seorang anak yang memiliki jari manis lebih panjang daripada jari telunjuk cende-rung memiliki kemampuan matematika yang lebih tinggi daripada kemampuan verbal dan bahasa. Jika per-bandingannya sebaliknya, anak umumnya memiliki kemampuan verbal seperti me-nulis dan membaca yang lebih baik dibandingkan matematika.

Menurut Mark Brosnan dari Universitas Bath, panjang jari-jari tangan merefleksikan perkembangan bagian-bagian di otak. Para ilmuwan telah lama mengetahui bahwa pertumbuhan jari-jari tangan manusia berbeda-beda ter-gantung kadar hormon testos-teron dan estrogen di dalam rahim saat bayi dikandung ibunya.

Kadar testosteron yang tinggi diyakini mendukung perkembangan bagian otak yang berhubungan dengan kemampuan matematika dan pandang ruang. Hormon itu pula yang menyebabkan jari manis tumbuh lebih panjang. Estrogen juga mendorong efek yang sama pada bagian otak namun yang berhubungan dengan kemampuan verbal. Namun, hormon ini juga mendukung pertumbuhan jari telunjuk sehingga lebih panjang daripada jari manis.
Untuk menguji hubungan kecerdasan dengan rasio panjang jari tangan, Brosnan dan koleganya membanding-kan hasil tes scholastik (SAT), semacam psikotes di sini, ke-pada calon siswa yang men-daftar sekolah dengan panjang cap jari setiap siswa yang telah diminta sebelumnya. Mereka mengukur panjang jari-jari secara teliti menggunakan jangka sorong yang memiliki tingkat ketelitian 0,01 mili-meter.

Kemudian, rasio panjang jari dipakai untuk memperkirakan perbandingan kadar testos-teron dan estrogen. Hasil tes siswa laki-laki dan perempuan dipisahkan.

Mereka menemukan hubungan yang jelas antara tinggi-nya paparan testosteron- ter-lihat dari panjang jari manis lebih panjang daripada jari telunjuk dengan nilai uji matematika yang tinggi. Juga tingginya paparan estrogen dengan kemampuan bahasa dan verbal pada sebagian besar anak perempuan.

“Rasio panjang jari mem-beritahu kita gambaran me-ngenai kemampuan pribadi yang berhubungan dengan kognitif (daya pikir),” ujar Brosnan yang akan melapor-kan temuannya dalam British Journal of Psychology. Pada penelitian selanjutnya, ia akan mempelajari hubungan antara rasio panjang jari dengan perilaku seperti teknophobi, karir, dan disleksia.(kcm/lsc)

Satu tanggapan untuk “Kecerdasan Dilihat di Jari | Perhatikan Jari Anda

  • 11/09/2010 pada 21:18
    Permalink

    Ha ha ha…berarti apakah kemampuan matematika dan bahasa seseorang juga sifatnya menurun? soale jari-jari kami sekeluarga mirip…Thanks ya GBU

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *