8 Hal Yang Perlu Anda Lakukan untuk Membuat Pernikahan Anda Lebih Menggairahkan

Syaloomm…

Apakah Saudara masih ingat ketika Saudara sering bermimpi tentang betapa indahnya akan menikah? Tentu Saudara juga masih ingat ketika Saudara begitu senang dan semangat saat akan menikah, saat-saat mempersiapkan pernikahan dan Saudara membayangkan Saudara akan menikah dengan seseorang yang begitu Saudara kasihi waktu itu.

Tentu saja, pernikahan itu indah … tapi tidak sepanjang waktu. Akan ada saat-saat ketika pernikahan akan tampak seperti kerja keras, dan bahkan mungkin ada saat-saat ketika meninggalkan pasangan Anda akan terlihat seperti pilihan yang bagus. Dalam pernikahan dapat terjadi pasang surut dan pernikahan sukses hanya mungkin jika kedua belah pihak siap untuk bekerja untuk itu. Dalam pernikahan Kristen, hal ini sangat krusial. Kristus dan FirmanNya harus menjadi dasar dalam hubungan Anda berdua. Ingatlah ada Tuhan yang dulu menjadi pusat dalam pemberkatan nikah Anda, dan tentunya dalam sepanjang kehidupan pernikahan Anda. Jika dua pihak tidak bisa bekerja sama, minimal salah satu pihak mengusahakannya, dan serahkan semuanya kepada Tuhan, maka Dia dengan kuasaNya akan bekerja dalam rumah tangga saudara.

Konflik Pernikahan Artikel Kristen

Satu hal lagi saudara, jangan selalu menggunakan kata “jatuh cinta”, ketika anda sudah menikah, lupakan “jatuh cinta”, yang perlu Saudara lakukan adalah “BANGUN CINTA” dengan pasangan Anda. Kata “Jatuh” berarti pasif, Anda tidak perlu melakukan apa-apa, anda sudah jatuh sendiri. Tetapi kata “BANGUN” adalah kata yang aktif, Anda harus aktif melakukan sesuatu agar tercipta Cinta didalam pernikahan Anda.

Apa yang perlu Saudara lakukan untuk memBANGUN CInta dalam pernikahan Anda? Berikut adalah 8 tips yang bisa membantu membuat pernikahan Anda kembali menggairahkan :

Yang perlu Saudara lakukan adalah “BANGUN CINTA” dengan pasangan Anda

  1. Saling Memaafkan.

Perbedaan pendapat adalah hal yang wajar dalam hubungan apapun. Bagaimanapun mereka adalah dua orang yang tinggal berdekatan dan pasti ada saat ketika mereka tidak saling setuju. Belajar memaafkan dan tidak menyimpan dendam sangat penting jika pasangan ingin mencegah kepahitan merembes dalam sendi-sendi ruamh tangga Saudara.

Dalam kekristenan, pengampunan adalah hal yang sangat penting sekali, dan harus menjadi karakter orang Kristen. Dan yang menjadi dasar pengampunan itu adalah KASIH. Sebagai orang Kristen Anda harus terbiasa mengampuni dan memaafkan, hal ini sudah wajib dan tidak perlu dibantah lagi.

Kita harus cepat memaafkan dan mengampuni. Pasangan yang sudah menikah tidak boleh menyimpan dendam. Karena rasa dendam pada seseorang apalagi pasangan sendiri bisa membuat apapun yang anda lakukan terhadap pasangan Anda menjadi tidak baik, kasar dan pahit. Selain itu, menyimpan dendam tidak akan menyelesaikan persoalan apa-apa.

Saling Memaafkan dalam Pernikahan Artikel Kristen
Saling Memaafkan dalam Pernikahan
  1. Saling Menghormati, Respek dan Jujur Satu Sama Lain.

Salah satu rahasia besar dalam hubungan pernikahan adalah Respek satu sama lain. Kembali lagi saya katakan bahwa jika tidak bisa 2 pihak untuk saling respek, minimal 1 orang atau salah satu pihak yang melakukannya, maka percayalah kedepan Tuhan akan bekerja dalam rumah tangga Saudara.

Jangan berharap bahwa pasangan Anda yang seharusnya lebih dahulu bersikap respek dan hormat terhadap Anda, mulailah lebih dulu, selalu dan selalu mulai lebih dulu.

Belajarlah untuk mengucapkan terima kasih lebih dahulu. Berilah apresiasi untuk pasangan Saudara atas apa yang sudah dia lakukan. Katakana yang sebenarnya, bahkan untuk permasalahan apapun jangan disimpan. Pasangan yang menghadapi masalah mereka dan mendiskusikannya adalah orang-orang yang paling mungkin untuk membangun hubungan yang kuat, yaitu hubungan cinta.

 

  1. Ingatlah Untuk Tertawa Lebih Sering.

Hidup sehari hari dapat membuat segalanya tampak berat. Kesibukan masing-masing anda dapat menguras energy, dan saat bertemu pada malam hari di rumah rasanya semuanya sudah habis, energi anda habis energi pasangan anda juga habis, dan justru disaat inilah sebuah kesempatan Anda dan pasangan Anda dapat berbagi kemesraan, kehangatan dan energi. Anda berdua bisa mulai saling menghibur, berbagi cerita lucu, dan hal-hal kreatif lainnya.

Pasangan suami-istri harus meluangkan waktu untuk berbagi lelucon dan kejenakaan gila lainnya untuk mengurangi ketegangan. Ingat, tertawa adalah penyembuhan.

Pasangan bahagia Artikel Kristen

  1. Berkomunikasi.

Hal berkomunikasi ini mungkin sudah tampak jelas, komunikasi adalah hal yang sangat penting dalam sebuah hubungan. Ingatlah bahwa “tidak berkomunikasi” pun adalah sebuah jenis komunikasi, hal itu adalah komunikasi yang buruk dalam pernikahan.

Komunikasi yang baik adalah kunci untuk mencapai hubungan yang memuaskan. Jangan biarkan masalah dan luka apapun menjadi bernanah karena tidak dikomunikasikan.

Jika istri yang merasa kesal oleh sesuatu hal yang suaminya telah katakan atau lakukan, dia harus memberitahu suaminya segera, dia tidak boleh berasumsi bahwa suaminya akan menebak apa yang salah. Apa yang mungkin sudah jelas bagi Istri, belum tentu sudah jelas bagi suaminyanya!

Para Suami juga perlu lebih terbuka dalam berbagi apa yang ada di pikiran mereka. Kadang para suami merasa, ah Istriku pasti tidak memahami apa yang kulakukan ini. Jangan, tetaplah berbagi kepada istri Anda. Komunikasi yang baik itu sangat penting.

  1. Putuskan bersama-sama.

Adalah penting bahwa pasangan mengambil keputusan bersama tentang hal-hal seperti keuangan, pendidikan anak atau pendidikan mereka, delegasi pekerjaan rumah tangga, dll. Seseorang tidak harus menjadi lebih unggul dari yang lain. Ingat, bahwa anda menikah dan bukan bersaing atau berlomba.

Jika Anda tidak dapat mencapai kesepakatan langsung, biarkan untuk sementara waktu dan kembali ke hal itu lagi nanti. Anda perlu belajar terus, kedua belah pihak perlu belajar.

Jika Anda menemukan bahwa pasangan Anda terlalu sering mengalah jika memutuskan sesuatu, lain kali berikan kesempatan dia untuk memutuskan beberapa hal.

Jika anda sadar bahwa Anda selalu mau menang dalam hal memutuskan sesuatu, cobalah untuk mengalah pada suatu kesempatan. Biarkan keputusan-keputusan rumah tangga dibuat berdua dan disepakati bersama.

Ingat sekali lagi, pernikahan bukanlah kompetisi.

Putuskan bersama-sama dalam pernikahan Artikel Kristen
Memutuskan Sesuatu bersama sama dengan Pasangan
  1. Jangan Lupakan Hal-Hal Kecil dan Sederhana.

Suami harus ingat untuk memuji istri mereka. Jangan lupa untuk memuji dia untuk pekerjaan yang sudah dilakukan dengan baik. Membeli bunga untuknya. Membawanya keluar untuk makan malam yang romantis. Katakan padanya betapa cantiknya dia. Membuatnya merasa seperti dia adalah putri Anda. Istri, juga harus memperhatikan kebutuhan suami mereka. Nikmatilah setiap kali pasangan Anda memuji dan memperlakukan Anda dengan istimewa. Menunjukkan kasih sayang satu sama lain itu sangat penting.

 

  1. Tetaplah Dalam Cinta

Memelihara cinta dalam hubungan Saudara dalam pernikahan sangat penting. Seperti di awal artikel ini katakan, bahwa bagi Anda yang sudah menikah, sudah bukan jamannya lagi “Jatuh Cinta”, tetapi anda harus “Bangun Cinta”.

Bukan Jatuh tetapi Bangun.

Pelihara cinta Anda untuk satu sama lain, diperlukan aksi yang aktif dalam hal ini. Diawal Anda menikah mungkin mudah, tetapi bagi Pasangan yang sudah berpuluh tahun, hal ini mungkin sebuah kerja keras, kecuali jika mereka sudah memeliharanya dengan baik sepanjang pernikahan mereka. Maka dari itu, diperlukan usaha untuk hal ini.

Nikmatilah setiap peningkatan dalam hubungan anda dengan pasangan.

 

  1. Tetaplah Intim

Keintiman hanya mampu tumbuh dalam sebuah pernikahan di mana kedua belah pihak mempunyai komitmen yang kuat satu sama lain. Jika anda baru saja menikah dan masih dalam keintiman yang tinggi, peliharalah hal itu. Jika anda sudah cukup lama menikah dan merasa sudah lama tidak merasakan keintiman dalam hubungan anda, ingatlah akan komitmen anda dahulu, dan usahakanlah keintiman dengan pasangan anda. Tidak mengapa jika diawal terasa dipaksakan, tetapi jangan malu, kan dia adalah pasangan Anda, bukan orang lain.

Belajar untuk jujur ??satu sama lain tentang apa yang membuat Anda merasa bergairah dan apa yang tidak. Sisi seksual pernikahan tidak perlu berkurang meskipun anda dimakan usia. Mengetahui lebih banyak tentang pasangan Anda membuat cinta anda semakin dalam, hal ini bisa dicapai melalui keintiman yang dibangun secara terus menerus dan konsisten. Anda dan pasangan harus menyediakan waktu untuk menjadi intim. Jadikan keintiman adalah sesuatu yang Anda dan pasangan secara sengaja melakukannya.

 

Hal Yang Terutama

Menjalani pernikahan tidak selalu mudah, terutama dalam masyarakat kita di mana begitu banyak pernikahan yang gagal. Tapi selama kedua pasangan tahu bahwa mereka memiliki satu sama lain untuk berpegang, niscaya hubungan mereka akan semakin dekat. Yang terpenting adalah libatkan Tuhan Yesus dalam hubungan Anda. Dialah Dasar yang Teguh, Batu Penjuru bagi kita. Percayalah Dia sanggup merubah air menjadi anggur dalam pernikahan Anda, merubah hal-hal yang hambar dalam pernikahan, menjadi manis seperti Anggur. Hanya tetap libatkan Tuhan Yesus dalam rumah tangga Anda.

Pasangan Berdoa bersama Artikel Kristen
Pasangan Berdoa bersama

Bagi setiap pihak, baik itu suami maupun istri, jadilah seseorang yang selalu ada untuk satu sama lain, sebagai pasangan kita harus bisa berkata “Aku akan selalu ada untukmu baik itu dalam keadaan kaya ataupun miskin, dalam keadaan sakit atau sehat, sampai maut memisahkan kita”.

Tuhan Yesus memberkati rumah tangga kita semua. Amin.

2 tanggapan untuk “8 Hal Yang Perlu Anda Lakukan untuk Membuat Pernikahan Anda Lebih Menggairahkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *