Kisah Natal – Seorang Malaikat Mengunjungi Yusuf

Seorang Malaikat Mengunjungi Yusuf

Setelah menemukan bahwa tunangan nya, Maria, mempunyai bayi (dan bukan dengan dia) Yusuf mulai merasakan keraguan akan apa yang harus dilakukan. Tapi Tuhan memiliki rencana untuk mereka berdua.

Kisah dalam Alkitab

Matius 1:18-25

1:18. Kelahiran Yesus Kristus adalah seperti berikut: Pada waktu Maria, ibu-Nya, bertunangan dengan Yusuf, ternyata ia mengandung dari Roh Kudus, sebelum mereka hidup sebagai suami isteri.

1:19 Karena Yusuf suaminya, seorang yang tulus hati dan tidak mau mencemarkan nama isterinya di muka umum, ia bermaksud menceraikannya dengan diam-diam.

1:20 Tetapi ketika ia mempertimbangkan maksud itu, malaikat Tuhan nampak kepadanya dalam mimpi dan berkata: “Yusuf, anak Daud, janganlah engkau takut mengambil Maria sebagai isterimu, sebab anak yang di dalam kandungannya adalah dari Roh Kudus.

1:21 Ia akan melahirkan anak laki-laki dan engkau akan menamakan Dia Yesus, karena Dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka.”

1:22 Hal itu terjadi supaya genaplah yang difirmankan Tuhan oleh nabi:

1:23 “Sesungguhnya, anak dara itu akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki, dan mereka akan menamakan Dia Imanuel” –yang berarti: Allah menyertai kita.

1:24 Sesudah bangun dari tidurnya, Yusuf berbuat seperti yang diperintahkan malaikat Tuhan itu kepadanya. Ia mengambil Maria sebagai isterinya,

1:25 tetapi tidak bersetubuh dengan dia sampai ia melahirkan anaknya laki-laki dan Yusuf menamakan Dia Yesus.

Latar Belakang dibalik kisah Alkitab diatas.

Ketika Yusuf mengetahui tentang kehamilan Maria, ia tidak seharusnya percaya bahwa Maria hamil oleh Roh Kudus, tetapi bahkan Yusuf bisa saja menuduh Maria telah tidak setia kepadanya. Meskipun mereka bertunangan dan belum menikah, untuk memutuskan hubungan, Yusuf harus menceraikan Maria.

Bahkan, perzinahan dalam suatu hubungan seharusnya diancam dengan hukuman mati dalam beberapa kasus! Yusuf tidak ingin mempermalukan Maria, sehingga ia berencana untuk menceraikannya secara diam-diam. Ini hanya diperlukan dua saksi daripada pergi melalui pengadilan Yahudi dan tidak ada alasan formal yang perlu diberikan untuk rencana perceraian itu.

Tetapi dalam mimpi, malaikat menampakkan diri kepada Joseph dan menyuruhnya untuk mempercayai Maria. Malaikat itu juga mengatakan kepada Yusuf bahwa anak itu harus dinamakan Yesus.

Memiliki visi dalam mimpi dari Allah adalah tanda persetujuan Allah, jadi ini akan menjadi perhatian Yusuf dan dia harus melakukan apa yang dikatakan malaikat! Kita tidak diberitahu siapa malaikat itu, tetapi juga bisa saja Gabriel, yang malaikat utusan utama Allah.

Kisah Sebelumnya – Keluarga Maria

Kisah Selanjutnya – Kelahiran Yesus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *