Kisah Natal – Perjalanan ke Afrika

Perjalanan ke Afrika (Mesir)

Apakah Anda tahu bahwa Yesus adalah seorang pengungsi ketika Dia bayi!

Raja Israel ingin dia mati, sehingga ia dan keluarganya harus pergi mengungsi.

Kisah dalam Alkitab

Matius 2:13-18

2:13. Setelah orang-orang majus itu berangkat, nampaklah malaikat Tuhan kepada Yusuf dalam mimpi dan berkata: “Bangunlah, ambillah Anak itu serta ibu-Nya, larilah ke Mesir dan tinggallah di sana sampai Aku berfirman kepadamu, karena Herodes akan mencari Anak itu untuk membunuh Dia.”

2:14 Maka Yusufpun bangunlah, diambilnya Anak itu serta ibu-Nya malam itu juga, lalu menyingkir ke Mesir,

2:15 dan tinggal di sana hingga Herodes mati. Hal itu terjadi supaya genaplah yang difirmankan Tuhan oleh nabi: “Dari Mesir Kupanggil Anak-Ku.”

2:16. Ketika Herodes tahu, bahwa ia telah diperdayakan oleh orang-orang majus itu, ia sangat marah. Lalu ia menyuruh membunuh semua anak di Betlehem dan sekitarnya, yaitu anak-anak yang berumur dua tahun ke bawah, sesuai dengan waktu yang dapat diketahuinya dari orang-orang majus itu.

2:17 Dengan demikian genaplah firman yang disampaikan oleh nabi Yeremia:

2:18 “Terdengarlah suara di Rama, tangis dan ratap yang amat sedih; Rahel menangisi anak-anaknya dan ia tidak mau dihibur, sebab mereka tidak ada lagi.”

Latar Belakang dibalik kisah Alkitab diatas.

Karena Herodes tidak dapat mencari tahu di mana Yesus dari orang-orang bijak, dia pikir satu-satunya cara untuk agar Yesus dipastikan terbunuh adalah untuk membunuh setiap bayi laki-laki di bawah dua tahun di Betlehem dan daerah sekitarnya.

Mungkin hanya sekitar 20 bayi yang akan terbunuh, tapi bahkan fakta benar-benar mengerikan. Jadi kekejaman itu telah membawa teror dan kesedihan untuk banyak rumah.

 

Tetapi Yesus tetap aman karena Yusuf dan Maria membawanya ke Mesir tepat pada waktunya.

Ini bukan pertama kalinya bahwa Herodes telah membunuh orang untuk menjaga kekuasaannya – (dari catatan sejarah) Herodes bahkan telah membunuh orang dalam keluarganya sendiri di masa lalu!

Yesus menjadi pengungsi dan pergi ke Mesir memenuhi beberapa nubuatan yang sangat tua dalam Perjanjian Lama dari Alkitab.

Keluarga Yesus mungkin tidak perlu menghabiskan terlalu lama di Mesir, karena Herodes meninggal tak lama setelah ini.

Kisah Sebelumnya – Orang Majus

Kisah Selanjutnya – Kembali ke Kampung Halaman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *