Kisah Natal – Para Gembala dan Malaikat

Para Gembala dan Malaikat

Mengapa para gembala adalah orang-orang pertama yang ditentukan untuk mengetahui tentang kelahiran Yesus?

Dan dengan cara yang menakjubkan mereka tahu tentang hal itu!

Kisah dalam Alkitab

Lukas 2:8-20

2:8. Di daerah itu ada gembala-gembala yang tinggal di padang menjaga kawanan ternak mereka pada waktu malam.

2:9 Tiba-tiba berdirilah seorang malaikat Tuhan di dekat mereka dan kemuliaan Tuhan bersinar meliputi mereka dan mereka sangat ketakutan.

2:10 Lalu kata malaikat itu kepada mereka: “Jangan takut, sebab sesungguhnya aku memberitakan kepadamu kesukaan besar untuk seluruh bangsa:

2:11 Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud.

2:12 Dan inilah tandanya bagimu: Kamu akan menjumpai seorang bayi dibungkus dengan lampin dan terbaring di dalam palungan.”

2:13 Dan tiba-tiba tampaklah bersama-sama dengan malaikat itu sejumlah besar bala tentara sorga yang memuji Allah, katanya:

2:14 “Kemuliaan bagi Allah di tempat yang mahatinggi dan damai sejahtera di bumi di antara manusia yang berkenan kepada-Nya.”

2:15 Setelah malaikat-malaikat itu meninggalkan mereka dan kembali ke sorga, gembala-gembala itu berkata seorang kepada yang lain: “Marilah kita pergi ke Betlehem untuk melihat apa yang terjadi di sana, seperti yang diberitahukan Tuhan kepada kita.”

2:16 Lalu mereka cepat-cepat berangkat dan menjumpai Maria dan Yusuf dan bayi itu, yang sedang berbaring di dalam palungan.

2:17 Dan ketika mereka melihat-Nya, mereka memberitahukan apa yang telah dikatakan kepada mereka tentang Anak itu.

2:18 Dan semua orang yang mendengarnya heran tentang apa yang dikatakan gembala-gembala itu kepada mereka.

2:19 Tetapi Maria menyimpan segala perkara itu di dalam hatinya dan merenungkannya.

2:20 Maka kembalilah gembala-gembala itu sambil memuji dan memuliakan Allah karena segala sesuatu yang mereka dengar dan mereka lihat, semuanya sesuai dengan apa yang telah dikatakan kepada mereka.

Latar Belakang dibalik kisah Alkitab diatas.

Pada waktu itu, peternak domba dianggap sebagai pekerjaan yang bernilai rendah atau sedikit oleh orang lain. Domba yang mereka besarkan mungkin akan digunakan sebagai hewan kurban di Bait Allah di Yerusalem.

Saat mereka dengan tenang menggembalakan domba-dombanya sendiri pada malam hari, lalu tiba-tiba malaikat menampakkan diri kepada mereka.Saya tidak heran mereka takut!

 

Malaikat memberitakan kepada mereka tentang Yesus dan kelahiranNya yang luar biasa dan bagaimana mereka bisa mengenali dia di kota yang sangat ramai.Lagu dari bala tentara malaikat itu sangat mirip dengan kata-kata yang dinyanyikan selama ibadah pengorbanan di Bait Allah.Ini adalah kedua kalinya dalam Alkitab bahwa sekelompok malaikat telah menampakkan diri kepada orang, jadi ini membuktikan bahwa mereka memiliki pesan yang sangat penting untuk diberikan kepada mereka.

Kita tidak tahu nama-nama malaikat itu atau berapa banyak dari mereka, tetapi dalam Alkitab dikatakan bahwa ada jutaan malaikat – sehingga akan menjadi suatu pengalaman yang luar biasa!

Menjadi penasaran seperti apa yang para malaikat katakan, mereka turun ke Betlehem, mungkin meninggalkan seorang gembala atau dua di belakang untuk tetap menjaga pada domba.

Para Gembala menemukan Yesus

Para gembala mungkin menemukan Yusuf, Maria dan Yesus dengan bantuan perempuan lokal, yang telah mendengar tentang kelahiran bayi di kandang atau tempat berteduh.

Ketika mereka telah menemukan dan memberitahu Maria dan Yusuf apa yang terjadi pada mereka, alkitab mengatakan bahwa “gembala-gembala itu kembali, memuliakan dan memuji Tuhan untuk semua hal yang mereka dengar dan mereka lihat, yang sama seperti mereka telah diberitahu.”

Para gembala itu mungkin juga telah menceritakan pengalaman mereka kepada orang-orang bukan hanya yang ditemui di perjalanan pulang dari Betlehem, tetapi juga teman-teman mereka dan kerabat di Betlehem dan Yerusalem dan yang mereka temui di Bait Allah ketika mereka mengambil kambing domba mereka untuk dijual.

Kisah Sebelumnya – Kelahiran Yesus

Kisah Selanjutnya – Yesus sebagai Mesias yang baru dilahirkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *