Kisah Natal – Kembali ke Kampung Halaman

Kembali ke Kampung Halaman

Sekarang keadaan sudah aman, Maria, Yusuf dan Yesus dapat kembali ke Nazaret tempat mereka berasal.

Kisah dalam Alkitab

Matius 2:19-23

2:19. Setelah Herodes mati, nampaklah malaikat Tuhan kepada Yusuf dalam mimpi di Mesir, katanya:

2:20 “Bangunlah, ambillah Anak itu serta ibu-Nya dan berangkatlah ke tanah Israel, karena mereka yang hendak membunuh Anak itu, sudah mati.”

2:21 Lalu Yusufpun bangunlah, diambilnya Anak itu serta ibu-Nya dan pergi ke tanah Israel.

2:22 Tetapi setelah didengarnya, bahwa Arkhelaus menjadi raja di Yudea menggantikan Herodes, ayahnya, ia takut ke sana. Karena dinasihati dalam mimpi, pergilah Yusuf ke daerah Galilea.

2:23 Setibanya di sana iapun tinggal di sebuah kota yang bernama Nazaret. Hal itu terjadi supaya genaplah firman yang disampaikan oleh nabi-nabi, bahwa Ia akan disebut: Orang Nazaret.

Latar Belakang dibalik kisah Alkitab diatas.

Herodes sudah sangat tua dan sangat sakit pada saat itu memerintahkan semua bayi laki-laki harus dibunuh, dan atas nasihat dari malaikat di mimpi Yusuf, keluarga kudus Yesus mengungsi ke Mesir ketika hal tersebut terjadi. Dia menderita kasus yang sangat ekstrim yaitu delusi paranoid dan membunuh siapa saja yang kelihatannya mengancam Herodes!

Dia mengubah kehendak-Nya beberapa kali dalam beberapa bulan terakhir hidupnya, karena beberapa dari anak-anaknya tewas. Dia bahkan memerintahkan beberapa anak-anaknya untuk dibunuh, jika dia berpikir bahwa anak-anaknya menjadi terlalu kuat!

Tak lama sebelum ia meninggal, Herodes memerintahkan semua orang Israel kaya dan berkuasa untuk berkumpul di aula besar Yerusalem. Dia kemudian memberikan perintah kepada adiknya untuk membunuh semua orang kaya itu setelah ia meninggal, sehingga mereka tidak bisa menjadi raja setelah dia!

Lima hari sebelum Herodes meninggal, ia membunuh anak tertua dari anak yang tersisa (yang seharusnya menjadi raja sesudah dia) dan anaknya yang bernama Arkhelaus menggantikannya sebagai Raja berikutnya. Ketika Herodes meninggal, ia dimakamkan di Taman Herodium dekat Betlehem dan Arkhelaus menjadi Raja.

Jika Anda berpikir Herodes adalah raja yang buruk, Arkhelaus jauh lebih buruk! Itulah sebabnya, ketika keluarga suci kembali ke Yudea, mereka kembali ke kota tua mereka Nazaret daripada kembali ke Betlehem. Nazaret memiliki penguasa yang berbeda ke Betlehem karena berada di kerajaan Galilea bukan Yudea.

Arkhelaus menganiaya orang lebih dari Herodes dan menghabiskan uang pajak semua orang pada hal-hal untuk dirinya sendiri daripada untuk kerajaan. Dalam tahun ke 6 ia dibuang oleh Roma ke Gaul (bagian dari Kekaisaran Romawi yang sekarang Perancis) sebagai hukuman!

Yusuf, Maria dan Yesus tinggal di Nazaret sampai Yesus memulai ajaran-ajarannya. Hal ini menggenapi satu nubuatan dalam Perjanjian Lama dari Alkitab.

Kisah Sebelumnya – Perjalanan ke Mesir

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *