Yesus Tahu Pergumulanmu, Tetap Perpegang pada TanganNya

Dalam perjalanan mengikut Tuhan, Tuhan tidak pernah menjanjikan kehidupan akan selalu lancar aman terkendali. Hidup kita ini ibarat roda yang selalu berputar baik di atas atau di bawah dan semuanya ada dalam kendali Tuhan dan sepengetahuan Tuhan.
Dalam Yeremia 29: 11 dikisahkan bahwa Tuhan akan menepati janjinya untuk membawa bangsa Israel yang ditawan di Babel setelah genap 70 tahun. Bangsa Israel mengalami pembuangan di Babel dikarenakan bangsa Israel sering kali menyakiti hati Tuhan dan beralih kepada ilah lain. Allah ingin bangsa Israel sebagai umat pilihan Allah setia memegang janjinya, setia mengikuti Allah bukan mengikuti ilah lain.
Dalam Yeremia 29: 11 Allah mengetahui rencanaNya untuk Israel dan Allah senantiasa memberikan rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan. Allah ingin bangsa Israel memahami bahwa Allah adalah Allah yang mengasihi mereka dan tidak ingin mereka berbalik dan menyimpang dan menyembah allah lain. Ketika Allah menghukum bangsa Israel bukan berarti bahwa Allah jahat. Semua yang terjadi atas masalah bangsa Israel Allah tahu dan Allah ikut campur atasnya. Semua yang terjadi atas bangsa Israel adalah rancangan damai sejahtera dan untuk memberikan kepada bangsa Israel hari depan yang penuh harapan.
Mungkin terdengarmya sepertinya aneh, kita bisa membayangkan manusia yang hidup dalam perbudakan pasti penuh tekanan, penderitaan dan pergumulan dan pada dasarnya tidak ada sesuatu yang menyenangkan yang bisa diharapkan . Kalo kita hanya melihat dari kacamata penderitaan terus menerus, kesusahan yang melanda, kita akan sulit untuk melihat bahwa Allah bekerja dalam penderitaan itu untuk memberikan masa depan yang penuh harapan, kita akan terus merasa seolah olah Tuhan meninggalkanmu. Demikian pula dengan bangsa Israel yang ditawan seolah-olah habis sudah harapan mereka dan sepertinya tidak ada yang bisa diandalkan karena hidup dalam tekanan dan penderitaan. Namun disitulah Allah menegaskan bahwa Allah tahu pergumulan mereka, Allah tahu penderitaan mereka dan Allah melindungi mereka sehingga mereka bisa melewati ujian demi ujian seperti penawanan di Babel.
Allah kembali menegaskan kepada bangsa Israel dalam ayat 12 bahwa jika mereka berdoa, Allah mendengarkan mereka , bila mereka mencari Allah, di situ Allah kembali mencari mereka dan menemukan mereka. Dan apabila mereka menanyakan Allah dengan sepenuh hati, di situ mereka akan mendapatkan jawaban dari Tuhan bahwa Allah peduli dan janji Allah akan digenapi bahwa Allah akan kembali memulihkan keadaan bangsa Israel dan mengumpulkan dari tempat dimana mereka tercerai berai dan mengembalikan dimana Allah membuang mereka karena kedegilan mereka.
Ini adalah janji Allah pada bangsa Israel . Allah bukan Allah yang ingkar janji. Allah pasti akan menepati janjinya. Allah bukanlah tidak mendengar seru doa bangsa Israel, Dia mendengar dan menjawab sesuai waktuNya.
Aplikasi buat hidup kita adalah Yesus tahu pergumulan kita, Yesus tahu permasalahan kita, apapun permasalahan kita baik penyakit, baik keadaan ekonomi yang sulit dan lainnya Yesus tahu dan semua yang terjadi dalam hidup kita baik dalam situasi yang menyenangkan atau tidak menyenangkan , Tuhan tahu dan Tuhan punya rencana yang indah dalam hidup kita. Jika selama ini, mungkin kita merasa masalah semakin berat , masalah semakin tidak ada jalan keluar, disitu kita menanyakan dimanakah Allah? Jangan pernah meragukan kuasa Allah dan jangan pernah meragukan kasih Allah karena semua yang terjadi dalam hidup kita semua ada dalam perencanaan Tuhan dan perencanaan yang positif bukan untuk membawa kita pada rancangan kecelakaan. Ketika kita berdoa, sering ketika Tuhan tidak menjawab doa kita, seolah-olah kita melihat Tuhan sepertinya tidak peduli namun tidaklah demikian karena Yesus peduli dan Yesus mendengar kesusahan kita dan Yesus mendengar doa kita, ketika kita mencari Yesus, kita akan mendapatkannya, ketika kita mencari Yesus, kita menemukanNya.
Saudara-saudari pembaca artikel kristen, jangan pernah menyerah, carilah Tuhan selalu baik dalam masalah kita semua, jangan pernah menyalahkan Tuhan , Tuhan tidak tidur dan Ia tahu pergumulanmu, Ia tahu penderitaanmu, Teruslah berdoa, teruslah bina hubungan dengan Tuhan maka apapun masalahmu, Tuhan tahu dan Ia akan dapat menyelesaikan masalah kita sesuai waktuNya, Yesus sahabat kita dan Ia memberikan masa depan yang indah, ada renacana yang indah di balik masalah yang kita hadapi . Ketika dalam masalah besar atau kecil, jangan pernah berputus asa saat kita merasa lemah tak berdaya, justru di sanalah tangan Tuhan bekerja menjalankan rencanaNya yang indah untuk kita. Kiranya Tuhan memberikan jalan keluar untuk masalah kita, pergumulan kita. Amin. Tuhan Yesus memberkati.

Satu tanggapan untuk “Yesus Tahu Pergumulanmu, Tetap Perpegang pada TanganNya

  • 18/02/2017 pada 07:43
    Permalink

    Teman teman , Yesus menyayangi kita, jangan menyerah.ketika kita menghadapi masalah hendaklah kita mengingat bahwa masalah,tekanan dan penderitaan tak sebanding dengan penderitaan yang dialami Yesus.. dimana Yesus menanggung penderitaan bukan karna kesalahannya tetapi kesalahan orang lain/ manusia yang kerap menyakiti hati Allah… saya mendorong teman-teman untuk kuat, smangat, bangkit karna masalah itu akan bisa diatasi bila kita berserah pada Tuhan…

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *