Mengapa Tuhan Menjawab Doaku Dengan Kata “TIDAK”

Seperti yang dikatakan di dalam Yakobus 4: 1-11 mengenai permohonan kepada Tuhan, bahwa setiap orang dalam hidupnya tidak ada satu orang pun yang doanya tidak mau dijawab Tuhan , intinya semua orang ingin doanya dijawab Tuhan.
Dalam Mazmur 6:9 dikatakan : “TUHAN telah mendengar permohonanku, TUHAN menerima doaku.”

Tuhan selalu mendengar permohonan kita, Tuhan menerima doa kita. Ini menunjukkan bahwa Tuhan tidak tuli dan Allah peka serta tahu semua kebutuhan kita.

Namun ada 3 jawaban doa yaitu ; YA, TUNGGU, dan TIDAK. Waktu kita mendapat jawaban Tuhan berupa kata “tidak” , terkadang kita menjawab dengan kata ” Tuhan itu jahat”, ” Tuhan itu tidak peduli”.

Ketika Tuhan menjawab doa kita dengan kata ” tidak” jangan langsung mengklaim Tuhan jahat tapi kita perlu melihat alasan Tuhan menjawab doa kita dengan kata ” Tidak”

I. Dalam Yakobus 4:1-11 ada beberapa alasan, Tuhan menjawab dengan kata ” tidak”

  1. Karena kedagingan kita ( dalam ayat 1) : suka bertengkar, egois, tidak mementingkan diri sendiri.
  2. Iri hati dan membunuh dalam perkataan (menyebutkan perkataan yang menyakitkan hati Tuhan), bertengkar dan berkelahi hanya karena masalah kecil.(ayat 2).
  3. Tidak berdoa/salah berdoa karena doa yang kita naikkan hanya habis untuk memuaskan hawa nafsu kita (menyenangkan hati kita saja dan belum tentu yang kita baik/ berguna untuk orang lain ( ayat 3).
  4. Menjadi sahabat dunia / bermusuhan dengan Allah ( terus menerus hidup dalam daging) ( ayat 4) dan sombong (ayat 6).

II. perubahan yang Tuhan kehendaki untuk kita lakukan

  1. Tunduklah kepada Allah dan lawanlah Iblis. ( ayat 7) ini menunjukkan Tuhan mau kita merendahkan hati kita dan siap untuk dibentuk oleh Tuhan dan tinggalkan / lepaskan bujukan Iblis sampai iblis lari. Jangan sebaliknya kita lemah dan terbujuk godaan Iblis.Kita bisa melawan Iblis dan menang dengan cara menggunakan perlengkapan senjata Allah yaitu doa, iman dan firman serta hidup dalam kebenaran, adil dan rela memberitakan Injil dan Iblis akan lari pontang panting.
  2. Mendekat kepada Tuhan dan Tuhan akan mendekat pada kita ( ayat 8) , tahirkan tangan dan sucikan hatimu. ini menunjukkan bahwa Tuhan mengundang kita untuk mendekat padaNya . Allah seperti sahabat kita yang kapanpun kita bisa curhat,cerita, menangis,dan berdoa padaNya namun Allah meminta kita sebelum kita datang mendekat, kita harus menguduskan diri dan menyucikan hati karena Allah adalah Allah yang kudus. Mendekatlah pada Allah karena Tuhan hanya sejauh doa.
  3. Rendahkan diri di hadapan Tuhan.

Janganlah kita hanya karena doa tidak dijawab Tuhan dengan kata ya melainkan tidak , kita langsung menjauh dari Tuhan tanpa mengadakan pemeriksaan rohani mengapa doa kita dijawab dengan kata ” tidak”. Tuhan menjawab dengan kata ” tidak” bukan karena Dia jahat akan tetapi karena Dia memberi indah pada waktuNya dan baik untuk kebaikan kita.
Dekatlah pada Allah , ubahlah cara berpikir kita dan kita akan melihat cara Tuhan menjawab dengan pemikiranNya yang terbaik untuk kita. Amin…Tuhan Yesus memberkati. Semangat dalam mencari wajah Tuhan selalu.

Satu tanggapan untuk “Mengapa Tuhan Menjawab Doaku Dengan Kata “TIDAK”

  • 07/12/2015 pada 19:32
    Permalink

    jangan menyerah ketika doa kita tidak dijawb Tuhan tetaplah berpikir positf bahwa Allah itu baik n teruslah meminta sampai dia menjawab. amin.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *